Hingga Minggu dini hari, sekitaran Kedubes AS masih dipadati kendaraan

Jakarta (ANTARA News) – Jalanan sekitar Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia yakni Jalan M.I. Ridwan Rais dan Jalan Medan Merdeka Selatan masih tertutup oleh parkir kendaraan bermotor peserta Tabligh Akbar Monas.

Hingga Minggu dini hari (30/9/2018), parkir kendaraan bermotor di sekitar Kedubes AS pada Minggu pukul 00.15 WIB masih belum berkurang. Kondisi tersebut terjadi sejak petang yang membuat akses jalan dari Jalan M.I. Ridwan Rais ke Jalan Medan Merdeka Selatan tertutup total.

Sebaliknya, kendaraan dari Jalan Medan Merdeka Selatan ke arah Stasiun Gambir tidak bisa dilewati, sehingga pengendara harus berputar balik di depan Balai Kota Jakarta.

Sejumlah ruas jalan pun dimanfaatkan sebagai lahan parkir. Semisal sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan sisi utara, separuh jalan menjadi lahan parkir kendaraan bermotor.

Kemudian, sepanjang Jalan M.I. Ridwan Rais hingga depan Stasiun Gambir, baik trotoar dan separuh badan jalan digunakan untuk parkir sepeda motor, yang membuat jalan macet total.

Selanjutnya, trotoar di sekitar Masjid Istiqlal dipergunakan untuk lahan parkir tambahan dari parkiran dalam Istiqlal.

Seorang pengendara bajaj, Sueb,42 menyebut kondisi lalu lintas di sekitar Monas masih tampak lancar. Namun, dampak penutupan jalan oleh karena dijadikan lahan parkir kendaraan bermotor menyebabkan aksesnya sedikit terhambat.

“Akses jalannya jadi tambah jauh, saya naikkan harga, yang mau naik jadi nggak mau. Selain itu, untuk hindari macet, bisa lebih dari dua kali saya potong jalan karena parkir kendaraan menutup jalan,” ujar dia.

Baca juga: Ustad Somad pimpin doa korban gempa

Baca juga: Massa FPI gelar doa untuk bangsa
 

Pewarta:
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018