DKI pasang delapan rambu tilang elektronik

Jakarta (ANTARA News) – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memasang delapan unit rambu peringatan kawasan tilang elektronik (Electronic Law Traffic Enforcement/E-TLE) di empat titik ruas jalan protokol di Jakarta.

“Ada delapan rambu E-TLE yang ditempatkan di empat titik, yaitu dua di Bundaran Senayan, dua di Simpang Sarinah, dua di Simpang Air Mancur Indosat, dan dua di Harmoni,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Widjatmoko di Jakarta, Selasa.

Sigit mengatakan Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya meminta dukungan Dishub dalam dua hal yakni tiang penempatan kamera pengawas (CCTV) dan rambu portabel.

Baca juga: Polda Metro pasang kamera pengawas tilang elektronik

“Sudah terpasang hari ini, memang butuh waktu untuk produksi dan mobilisasinya,” tambahnya.

Sebelumnya, Petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengujicobakan E-TLE terhadap pengendara yang melanggar rambu lalu lintas mulai 1 Oktober 2018.    

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusuf mengatakan petugas memasang kamera pemantau guna mengawasi kendaraan yang melanggar di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman Jakarta Pusat.    

Uji coba tilang elektronik tersebut mengandalkan kamera pemantau berteknologi canggih yang mampu menangkap layar (capture) nomor polisi kendaraan secara jelas dan memiliki resolusi tinggi buatan Tiongkok dan secara otomatis dapat mencari dan menangkap layar identitas kendaraan yang melanggar lalu lintas.

Baca juga: Polisi uji coba tilang elektronik khusus plat “B”
Baca juga: Polda Metro uji coba tilang elektronik

Pewarta:
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018