1.071 warga DKI terdaftar program DP Nol Rupiah

Jakarta (ANTARA News) – Sejak Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meluncurkan program rumah DP Nol Rupiah atau SAMAWA (Solusi Rumah Warga) di Klapa Village, Pondok kelapa, Jakarta Timur, 1 November 2018 lalu, sebanyak 1.071 warga Jakarta sudah mendaftar.

Kepala Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Jakarta Timur Retno Sulistianingrum saat dikonfirmasi mengatakan dari 1.071 warga yang mendaftar, hanya 825 pendaftar yang permohonannya diteruskan karena masalah verifikasi data untuk menempati hunian DP Nol Rupiah tersebut.

“Saya melihat antusias masyarakat DKI Jakarta, khususnya warga Jakarta Timur cukup tinggi dalam proses pendaftaran DP Nol Rupiah selama jam pendaftaran berlangsung. Namun, pemohon nantinya akan dilakukan validasi data sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan,” ujar Retno, pada Sabtu.

Dalam keterangannya, Retno menyatakankan hanya pemohon yang lengkap persyaratannya yang lolos seleksi dan akan segera diverifikasi di mana tercatat sudah 1.000 lebih pendaftar.

Pendaftar tersebut, dibagi menjadi dua tipe pemohon, yakni pada tipe 21 tedaftar sebanyak 305 orang dan tipe 36 terdaftar sebanyak 510 orang.

Menurut, Retno, dalam program ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membantu biaya pembayaran uang muka atau DP pembelian rumah bagi warganya.

“Biasanya sebagian warga Jakarta keberatan dengan DP yang cukup besar dalam pembelian rumah, melalui program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini diharapkan dapat membantu warga DKI Jakarta untuk dapat memiliki hunian yang layak,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu Maria Sitompul, salah satu warga Jakarta Barat mengungkapkan dirinya sangat tertolong dengan adanya DP Nol Rupiah untuk hunian SAMAWA Klapa Village ini. Menurutnya, dengan hunian tanpa DP ini mimpi warga Jakarta untuk memiliki rumah dapat terwujud.

“Program ini sangat ditunggu-tunggu oleh warga, kami dari dulu ingin sekali memiliki rumah. Tetapi baru bisa didapatkan hari ini, ya mudah-mudahan saja verifikasinya lulus dan saya dapat memiliki rumah di Jakarta,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Serita Kasti Emilia warga Kavling DKI Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, dirinya mengambil hunian DP Nol Rupiah ini, karena program ini diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Kedatangan saya kesini untuk mengurus data yang telah diverifikasi dan saat ini proses pengambilan nomor antrian. Alhamdulillah, adanya DP Nol Rupiah membuat impian kami memiliki rumah dapat terkabulkan,” tandasnya.

Baca juga: Pembangunan hunian DP nol rupiah masih berjalan

Baca juga: Anies realisasikan janji hunian dp nol rupiah

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018